Mengatasi Jerawat Tanpa Meninggalkan Bekasnya

Mengatasi Jerawat Tanpa Meninggalkan Bekasnya

Jerawat merupakan salah satu jenis penyakit kulit di mana pori-pori kulit mengalami penyumbatan sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Pemicu munculnya jerawat dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti produksi minyak yang berlebih, sel-sel kulit mati, bakteri, penggunaan kosmetik dan obat-obatan, serta keadaan stres.

Keadaan berjerawat sangat menggangu dan dapat merusak penampilan. Untuk mencegah timbulnya jerawat beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi air putih secukupnya, menjauhi stres, makan sayuran dan buah buahan, rajin mencuci muka dengan air bersih, hindari makanan yang tinggi kadar yodium, gula, kopi, dan minuman berkarbonasi, rutin berolahraga, dan menjaga kebersihan tangan sebelum kontak dengan wajah.

Mengatasi Jerawat Tanpa Meninggalkan Bekasnya

Untuk mengatasi jerawat tanpa meninggalkan bekasnya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi sehingga dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Salah satu sumber makanan yang cocok dikonsumsi untuk meningkatkan kolagen adalah teripang emas (sea cucumber). Teripang emas memiliki kandungan gizi yang kaya akan kolagen (80%).

Selain itu kandungan gizi lainnya pun sangat lengkap dan bagus untuk perawatan kulit, dimana dalam teripang emas ini mengandung kadar protein yang tinggi, mineral, mukopolisakarida, glucasaminoglycans (GAGs), antiseptik alamiah, glucosamine dan chondroitin, saponin, omega-3, 6, 9 dan asam amino.
Selain pengobatan dari dalam tubuh, jerawat juga dapat dihilangkan dengan pengobatan dari luar yaitu dengan cara mengoleskan zat-zat tertentu ke jerawat. Salah satu bahan yang baik diunakan adalah tomat. Kandungan dalam tobat yang kaya akan vitamin A dan vitamin C sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecanikan kulit. Dengan menempelkan irisan tomat pada bagian yang berjerawat selama 20-30 menit lalu dibilas dengan air bersih niscaya jerawat akan hilang tanpa meninggalkan bekas. Tentu saja pengobatan ini harus dilakukan dengan teratur dengan frekuensi 2-3 kali dalam seminggu.

Cara yang sama juga dapat dilakukan dengan mengganti irisan tomat dengan berbagai bahan tadisional yang baik untuk kulit seperti jeruk nipis, putih telur, gel lidah buaya, minyak zaitun, parutan jagung, hingga ampas teh hitam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.